Kamis, 17 November 2011

Bahaya Meroko Bagi Kesehatan

     Sebenernya saya bingung banget deh sama anak muda jaman sekarang, apalagi yang laki-laki. Sepertinya menurut mereka kalo gak merokok gak gaul, padahal rokok itu beerbahaya banget buat kesehatan tubuh kita. Rokok lebih banyak sisi negativnya daripada positifnya. Merokok bukan saja merugikan diri sendiri tetapi juga merugikan masyarakat banyak karna asapnya yang mengandung bahan-bahan yang beracun.
     Sudah banyak loh peneliti yang membuktikan efek samping dari merokok. Efek merugikan dari rokok ini memang tidak secara langsung dirasakan, pelan tapi pasti bahaya mengancam tubuh perokok, jika kebiasaan buruknya tidak segera dihentikan. Menurut penelitian seseorang yang menghisap rokok setiap hari dapat meningkatkan resiko terkena kanker laring, paru-paru, kerongkongan, rongga mulut, gangguan pembuluh darah, gangguan kehamilan dan sakit jantung. Menurut riset seseorang yang secara rutin merokok 3 hingga 4 batang sehari, delapan kali lebih beresiko terkena kanker mulut jika dibandingkan orang yang tidak merokok. Bahkan hasil terbaru menunjukkan bahwa dalam perkembangannya merokok akan mengakibatkan kanker pankreas.
      Banyak cara untuk menyingkirkan kecanduan nikotin, seperti mengunyah permen karet khusus, mengonsumsi pil atau obat, olahraga, meditasi, aktif dalam beberapa kegiatan, hingga membuat beberapa perubahan substansial dalam gaya hidup.





         Dengan menghentikan kebiasaan merokok, maka kita akan lebih merasakan indahnya hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar